Siapa sih yang tidak ingin bahagia? Semua orang pasti ingin memiliki kehidupan yang bahagia. Punya penghasilan cukup, bisa berbelanja, liburan dan membeli barang-barang terbaru. Mungkin sebagian kita bisa bahagia dengan melakukan hal-hal itu. Semudah itukah bahagia? Lalu, apa sih bahagia itu? Singkatnya, bahagia adalah rasa senang dan tentram yang muncul dalam diri seseorang. Semua orang punya cara tersendiri untuk bahagia. Ada yang bahagia hanya dengan menghabiskan secangkir kopi di pagi hari. Atau hanya membaca sebuah buku di kamar. Mungkin juga menonton bioskop.

Pada kenyataannya, bahagia itu tidak segampang yang dibayangkan lho. Apalagi masing-masing kita tentu punya masalah. Yah, hidup ini tidak akan pernah terlepas dari masalah. Ada yang mungkin memikirkan masa depan, karir, penghasilan, jodoh dan lain-lain. Tapi, sebesar apapun masalahmu tidak boleh merenggut kebahagiaanmu lho. Mau tahu kenapa? Yuk, kita simak lima alasan di bawah ini.

1. Hidup ini hanya satu kali
Hidup ini hanya satu kali dan tak akan terulang kembali. Tidak ada salahnya kita menikmati setiap apapun yang kita lakukan selagi masih ada waktu. Jangan pernah membuang-buang waktumu hanya untuk meratapi masalahmu. Jangan sampai kita menyesal karena terlalu terpuruk dalam kesedihan dan lupa untuk bahagia. Ingatlah, hidup ini singkat dan nikmatilah semua yang kamu miliki.

2. Semua masalah hidupmu pasti berlalu
Mungkin kamu merasa jenuh dengan hidupmu yang selalu dirudung masalah. Ingatlah, hidup ini seperti pasang surut. Tidak selamanya kamu akan terus berkutak dengan masalahmu. Ada masanya kamu akan menemukan jalan keluar dari masalahmu. So, tetaplah bahagia dalam kondisi apapun.

3. Banyak orang sekitar yang peduli kepadamu
Kamu tentu memiliki orang-orang yang ada di sekitarmu, bukan? Yah, setiap orang pasti memiliki kerabat atau keluarga. Mereka pasti sering mengamati kehidupanmu yang terlihat oleh mereka. Jika kamu sedih, mereka pun dapat melihat dan merasakannya. Bisa jadi mereka juga ikutan sedih lho. Tapi, jika kamu bahagia, mereka pun senang melihatmu bahagia. Berbahagialah jika banyak orang-orang sekitar yang peduli dengan hidupmu. Itu pertanda mereka sangat perhatian kepadamu.

4. Kamu pribadi yang berharga
Percaya gak kalau kehadiran dirimu di dunia ini bukan suatu kebetulan? Sang pencipta menghadirkan dirimu dengan segala yang kamu miliki tentu untuk sesuatu yang baik. Jadi, kamu harus bahagia dan bangga dengan apa yang kamu miliki. Kamu adalah satu pribadi yang unik dan berharga. Tidak ada pribadi lain seperti dirimu di dunia ini. Setiap orang berharga dengan apapun keberadaan dirinya.

5. Kesempatan tidak datang dua kali
Hidup ini seperti roda yang berputar. Terkadang suka, kadang duka. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi esok hari. Selagi hari ini kamu masih dikasih kesempatan untuk menghirup udara segar, berbahagialah. Kita tidak tahu kapan hidup ini akan berakhir. Jika hari ini kamu masih diberi kesempatan untuk bahagia. Nikmatilah kebahagiaan itu. Manfaatkan semua kesempatan yang ada dalam hidupmu untuk hal-hal yang positif. Percayalah, kebahagiaan akan datang menghampirimu.

Itulah lima alasan kenapa kamu harus bahagia dalam hidup ini. Hidup ini ibarat episode yang cepat atau lambat akan berlalu. Sayang banget kan kalau kita melewatkannya begitu saja tanpa kebahagiaan. Kebahagiaan adalah tanggung jawab diri kita sendiri. Jangan pernah menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain. Jangan juga membuat masalah merenggut bahagiamu. Bersyukurlah selalu untuk apa yang telah kamu miliki. Karena rasa syukur dapat membuatmu merasa bahagia. Selamat menjalani hari-harimu yang penuh kebahagiaan. Jangan lupa bahagia ya!

tulisan: Rosselini Utami Wijaya
https://www.idntimes.com/life/inspiration/rosselini-utami-wijaya/5-alasan-kenapa-kamu-harus-dan-berhak-bahagia-dalam-hidup-ini-c1c2-1

Advertisements